Selasa, 29 Januari 2013

Restoran Dengan Konsep Kembali Ke Alam Dan Memanfaatkan Tekhnologi Yang Ada


Oleh: M. Hamdan R. 29/12/12
Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam. Maka dari itu disini saya ini memanfaatkan sumberdaya alam tersebut tanpa harus merusak sumber daya alam. Nah, untuk kali ini saya ingin menggabungkan pemanfaatan sumberdaya alam yang bergerak di bidang restoran tetapi mengunakan konsep yang kembali memanfaatkan alam. Tujuannya satu yaitu memanfaatkan alam tanpa merusaknya. Pasti kalian bingung mengapa saya mencoba memilih restoran sebagai pemanfaatan alam? Karna dari alam kita mendapatkan kehidupan, makanan, pembelajaran dan pengetahuan. Mengapa saya bilang dari alam kita mendapat kehidupan, makanan, pembelajaran dan pengetahuan karna jika anda sadar bahwa alam telah memberi banyak kehidupan bagi kita yaitu lewat makanan. Sedangkan kita juga akan mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan dari alam tentunya kita juga membutuhkan makan. Satu dengan yang lain saling terkait. Disini saya mencoba memanfaatkan alam dan melestarikan alam tanpa harus merusaknya sehingga alam tetap terjaga.
Nah, langsung saja pada konsep yang saya miliki yaitu restoran dengan memanfaatkan aliran air sebagai pengantar makanan. Jadi makanan akan datang sendiri melalui aliran air yang telah direncanakan. Misalnya, didepan meja kita terdapat aliran air yang mengalir dari atas ke bawah jadi meja kita bukan lagi datar tapi menggunakan kemiringan sehingga air bisa mengalir. Di ujung air bagian tinggi merupakan tempat yang digunakan untuk dapur sehingga makanan yang telah di masak bisa langsung diantarkan melalui aliran air yang menuju ke tempat yang rendah. Sebenarnya konsep ini mencontoh meja berputar dari Negara jepang. Namun karna saya memiliki konsep alam sehingga saya memanfaatkan aliran air sebagai meja yang berputar. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sehingga kita tidak perlu menggunakan mesin sebagai penggerak meja untuk berbutar. Untuk menerima makanan yang telah kita pesan kita bisa menggunakan pengait yang ada di setiap meja untuk menangkap wadah makanan yang kita pesan. Apabila pengait itu di dorong kedepan maka akan ada sebuat penyangga yang berfungsi untuk menangkap pesanan makanan kita. Jika menggunakan sistem ini kita juga bisa menanamkan nilai budi pekerti yang baik dengan membudayakan antri atau yang datang terlebih dahulu itulah yang mendapatkan mekanan. Contohnya satu meja panjang bisa berisi beberapa nomor meja. Misalnya 1, 2, sampai 5 nah disini kita membutuhkan seorang pelayan yang mengarahkan pelanggan yang datang terlebih dahulu untuk menduduki nomor meja yang paling kecil. Sehingga adil siapa yang duluan akan mendapatkan pelayanan duluan. Konsep 1( Mau lebih lanjut mengetahui info konsepnyanya silakan kirim e-mail ke deniest.gaul@gmail.com)
Dan dibawah meja yang berjalan disediakan aliran dan kran untuk mencuci tangan dan mengalirkan piring kotor ke tempat pencucian. Sedangkan air yang terbuang dibawah restoran bisa dimanfaatkan oleh pemilik restoran atau masyarakat yang memiliki tanah di sekitar restorak  untuk saluran irigasi, kolam ikan atau tambak dan persawahan yang menanam sayuran ataupun tanaman lainnya sehingga bisa digunakan untuk tempat wisata alam. Makanan sisa juga bisa untuk member makan ikan. Dan air tersebut akan tetap kembali ke alam tentunya. 
Cara pemesanan makanan.
Untuk memesan makanan saya disini menggunakan sebuah alat tekhnologi modern. Yaitu hp atau handphone dan juga modem serta sebuah computer untuk menerima pesanan. Lebih tepatnya sms. Karna sudah kita ketahui banyak orang yang menggunakan hp dalam kehidupan sehari-hari dan juga banyak orang yang memilikinya sehingga saya juga memanfaatkan ini untuk konsep restoran.  Kenapa sms lewat hp? Karna dengan sms lewat hp memiliki manfaat diantaranya:
Untuk pelanggan:
1.      Semua orang sudah memiliki HP.
2.      Semua orang bisa sms
3.      Dan biasanya gratisan dari operator akan terbuang sia-sia karna kita tidak menghabiskannya. Apa salahnya dong jika menggunakan sms gratis sebagai pemanfaatan ini.
4.      Pesan singkat atau smsnya bisa pendek. Konsep 2(Mau lebih lanjut mengetahui info konsepnyanya silakan kirim e-mail ke deniest.gaul@gmail.com)
5.      Kita tidak perlu mondar-mandir mendatangi pelayan.
6.      Kita juga memanfaatkan tekhnologi yang sudah ada.
7.      Dapat berbicara atau mengobrol dengan saudara, rekan kerja atau siapapun tanpa tekut terganggu dengan kedatangan pelayan.
 Untuk pemilik restoran:
1.      Dapat juga membuka pelayanan isi ulang
2.      Tidak memerlukan banyak pegawai
3.      Ada bukti pemesanan
4.      Dapat mengontrol dari system yang ada. Konsep 3 (Mau lebih lanjut mengetahui info konsepnyanya silakan kirim email ke deniest.gaul@gmail.com)
5.      Dapat dengan cepat merekap atau mendata tantang data yang diperlukan.
6.      Sms iseng hehehe
Sedangkan kerugiannya Bagi pelanggan dan pemilik restoran yaitu Sinyal yang tidak konsisten.
Untuk tatacara pemesanan ( konsep 2 )bisa mengetahui info konsepnya silakan kirim email ke deniest.gaul@gmail.com
Setiap meja panjang disediakan pula pegawai untuk mengawasi dan membantu pelanggan. Misalnya membantu membersihkan wadah tempat makanan ke aliran menuju tempat pencucian dan menjelaskan tata cara pemesanan. Serta pegawai untuk kasir di pintu keluar.
Sistem pembayarannya:
Pembayarannya dengan melalui kasir yang disediakan pula computer dan modem untuk menerima pesanan apasaja yang sudah di pesan oleh pelanggan yang dikirimkan oleh bagian dapur. Konsep 4 (Mau lebih lanjut mengetahui info konsepnyanya silakan kirim email ke deniest.gaul@gmail.com)
Restoran ini sangat cocok jika di bangun di dekat tempat wisata yang menggunakan air. Contohnya: di pegunungan, wisata arumjeram dan yang lainnya.

Seperti biasa saya akan membahas keuntungan dan permasalahannya.
Keuntungan :
1.      Dapat tetap memanfaatkan alam
2.      Tidak merusak alam
3.      Memanfaatkan tekhnologi yang ada
4.      Mendapatkan pelajaran
5.      Tidak memerlukan banyak mesin
6.      Terdapat bukti pemesanan dan pembayaran

Permasalahan:
1.      Aliran air
2.      Tempat untuk mengalirkan air
3.      Kedalaman tempat untuk mengalirkan air
4.      Bentuk atau desain wadah makanan agar bisa mengapung di atas air
5.      Pelanggan yang tidak bisa sms
6.      Kekuatan penyangga/penghambat untuk mengambil makanan

silahkan beri komentarnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar